7 Kesalahan Fatal Dalam Berdiet


Anda sedang berdiet?Namun Anda harus memperhatikan baik buruknya, apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yg sebaiknya tidak. Dibawah ini ada beberapa hal yang mengakibatkan Anda gagal dalam berdiet.

1. Berlapar-lapar. Ya Anda mungkin sedang mengurangi asupan makanan…sedikit makan atau asupan kalori yang masuk sedikit otomatis berat badan Anda akan turun. Faktanya adalah berlapar-lapar berakibat kurang baik, yaitu menyebabkan metabolisme kita menurun yang menyebabkan melambatnya pembakaran lemak. Yang benar adalah makan lebih banyak dalam porsi(dibawah cakupan kalori) cukup sehingga memacu metabolisme tubuh tetap tinggi.

2. Melewatkan sarapan. Sengaja tidak sarapan atau ada juga yang tidak terbiasa dengan tidak sarapan. Setelah beristirahat 8 jam tanpa nutrisi sama sekali, padahal tubuh sangat membutuhkan nutrisi pada waktu sarapan dan juga untuk menghadapi aktivitas harian hingga siang (waktu makan). Pada saat Anda melewatkan sarapan maka tubuh Anda mengambil energi dari massa otot. Jika Anda berdiet maka Anda harus sarapan, anda seharusnya mengurangi lemak, bukannya massa otot, hal ini juga agar tidak terjadi apa yang namanya diet yo-yo.

3. Tidak makan malam. Tubuh tetep mebutuhkan protein sewaktu beristirahat, karena protein sebagai bahan baku penting dalam memperbaiki sel-sel yang telah rusak, dan perbaikan sel ini terjadi pada waktu kita beristirahat dimalam hari. Saran: konsumsi protein 2-3 jam sebelum tidur.

4. Tidak Makan setelah berolahraga. Prinsipnya adalah sewaktu kita berolahraga, tubuh membutuhkan makanan untuk membenahi tubuh yang sudah “dihancurkan” pada waktu berolah raga. Saran: minum protein dan karbohidrate maksimal 15 menit setelah latihan, dan  makan real food 1 jam sesudahnya.

5. Kurang minum air putih. Kurang minum air berefek tubuh menahan lebih banyak air dan menyebabkan berat tambahan. Hal ini juga berefek kurang berjalan lancarnya metabolisme tubuh.

6. Crash diet. No Fat Diet, No Carbs Diet, No high protein Diet. Ini berbahaya bagi fungsi tubuh, dikarenakan diet-diet ini tidak seimbang. Fat(lemak) membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, karbohidrat adalah sumber energi bahkan untuk otak kita. Diet yang disarankan adalah diet (seimbang) tanpa mengurangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

7. Menetapkan Cheat Day. Mungkin banyak dari orang-orang yang sedang berdiet menetapkan satu hari makan bebas. Prinsip utama diet adalah pembentukan pola makan sehat, apabila seseorang menetapkan 6 hari diet (sengsara) dan satu hari bebas, hal ini dapat mengakibatkan orang tersebut kembali ke pola makannya yang buruk, efeknya tentu saja gagal berdiet.

Semoga artikel ini bisa membantu kita untuk hidup lebih sehat, hidup sehat diawali dengan berat badan ideal.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: