Apakah Anda Sudah Sarapan Pagi dengan Benar?


Breakfast-sarapanApakah Anda terbiasa sarapan atau malah tidak sama sekali? Dan ternyata sarapan sangat memegang peranan penting untuk memulai hari, pola hidup sehat, menjaga berat badan. Seperti apakah Sarapan anda?Apa yang sebaiknya Anda makan sewaktu sarapan dan apa yang tidak?

  1. Sarapan Karbohidrat,
    Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau
    dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu
    makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.
    Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya
    dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya!
    Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice
    dan Insulin.

    dipagi hari karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas. Ini adalah salah satu alasan penyebab diabetes, tekanan darah tinggi, dan kenaikan berat badan.

  2. Tidak sarapan, Saat anda tidak sarapan, gula darah anda akan turun/drop dibawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengkonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebiham gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Dan berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.
  3. Sarapan berdasar protein, akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkabohidrat (cemilan, coklat, kue, junkfood, softdrink, nasi dan mie akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.

Jadi, Apa kriteria sarapan pagi yang baik?

  1. Memberikan tubuh kita semua nutrisi yang penting sebelum beraktifitas
  2. Memberikan tubuh kita energi yang baik sepanjang hari
  3. Memberikan tubuh kita asupan air yang cukup
  4. Membantu menjaga tingkat kadar gula dalam darah kita tetap normal

Mulailah hari anda dengan sarapan sehat setiap harinya

Tips Rahasia Langsing dan Sehat GRATIS klik disini

*NB: Untuk pemenuhan gizi dan nutrisi anda sehari-hari, klik disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: