Penduduk Jakarta Rawan Terkena Serangan Jantung?

Anda penduduk Jakarta? dan sekitarnya? Saya bukan, tapi saya pikir tidak hanya jakarta saja yang rawan terkena Serangan Jantung. Sebenarnya banyak hal-hal atau faktor kenapa hidup di jakarta lebih beresiko terkena penyakit jantung yang menurut sumber dari republika seperti dijabarkan dibawah ini.

REPUBLIKA.CO. ID,JAKARTA- -Kemacetan di Ibu Kota Jakarta dinilai dapat menyebabkan penyakit jantung pada masyarakatnya. Kemacetan tinggi yang mengakibatkan stress, beresiko tiga kali lebih tinggi terkena serangan jantung.

”Sekitar 60 persen orang yang terkena serangan jantung punya stress,” ujar ahli penyakit jantung dari Universitas Indonesia, Santoso Karo Karo, di Jakarta, Rabu (4/8).

Dan, serangan jantung tersebut muncul tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Dia mengungkapkan, hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap 3.200 responden. Pola hidup yang penuh dengan stres karena pengaturan waktu yang buruk, dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Tanda-tandanya pun dapat dikenali dengan mudah. Pada saat denyut jantung dan tekanan darah meningkat, akan muncul rasa nyeri di dada atau yang biasa disebut angina pektoris. Untuk dapat hidup sehat dan terhindar dari serangan jantung, masyarakat harus menerapkan hidup SEHAT (Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi stres, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolah raga).

Santoso mengajurkan, masyarakat perlu memeriksakan tekanan darahnya secara berkala. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit jantung. Selain itu, dia juga berharap masyarakat Kota Jakarta membiasakan untuk berjalan kaki. ”Untuk anak muda minimal 10 ribu langkah per hari,” jelasnya. Sedangkan untuk para lansia, dianjurkannya berjalan antara 3.500-7.500 langkah per hari.

Tambahan:

Mungkin diluar jakarta itu sendiri, di kota lain maksud saya hampir ditemui masalah yang sama. Kita sebagai manusia, yang tinggal di kota masing-masing lah yang menentukan. Pola hidup sehat yang harus dijalankan untuk menghindari atau mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa penyakit berat lainnya.

Rokok Elektronik? Amankah?

Apakah Anda perokok? Pernah mendengar tentang rokok elektronik sebelumnya? rokok elektronik baru saja beredar beberapa bulan ini di Indonesia yang banyak menginfokan bahwa rokok elektronik ini aman dikonsumsi selain tidak menimbulkan asap. Dibawah ini hal-hal yang menerangkan apakah rokok elektronik itu aman? diambil dari sumber

http://kesehatan.liputan6.com/berita/201008/289961/BPOM.Rokok.Elektronik.Tidak.Aman

Semoga bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta: Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan bahwa rokok elektronik yang telah beredar di beberapa kota adalah produk ilegal dan tidak aman. Menurut Direktur Pengawasan NAPZA Badan POM Danardi Sosrosumihardjo, Jumat (6/8), produk ini belum melakukan uji klinis oleh karena itu berbahaya.
“Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan produk ini tidak aman dikonsumsi dan merekomendasikan untuk melarang peredarannya,” kata Danardi. “Kami ingin mengatakan kepada masyarakat, produk ini tidak aman,” imbuhnya.

Akhir-akhir ini di masyarakat beredar rokok elektronik atau “Elecronic Nicotine Delivery Systems” (ENDS). Benda ini dipasarkan sebagai pengganti rokok dan diklaim tidak menimbulkan bau dan asap.

Bentuknya ENDS seperti batang rokok biasa. Namun tidak membakar tembakau, seperti produk rokok konvensional. Rokok ini membakar cairan menggunakan baterai dan uapnya masuk ke paru-paru pemakai. Produk itu dipasarkan dengan banyak nama, di antaranya rokok elektronik, ecigarro, electro-smoke, green-cig, dan smartsmoker.

Menurut Danardi, pihaknya telah menerima laporan dari berbagai wilayah, antara lain Makasar, Semarang, Lampung, dan Palembang, mengenai beredarnya produk ilegal tersebut. Terkait dengan itu Badan POM telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk penertiban.

“Karena ilegal, Badan POM tidak dapat melakukan pengawasan. Produk ini juga belum terdaftar sebagai rokok sehingga tidak dapat ditertibkan oleh Bea Cukai,” papar Danardi.

Salah satu produk tersebut yang bernama Rokok Elektrik Surabaya memasarkan dua jenis rokok, yakni berwarna hitam dan hijau. Rokok warna hitam dijual seharga Rp 190 ribu dan warna hijau seharga Rp 160 ribu.

Perusahaan rokok itu mengklaim telah mendapat sertifikat internasional dan nasional. Namun hal itu dibantah keras oleh Badan POM. Produk ini, kata Danardi, belum didaftarkan di Indonesia. Di banyak negara rokok ini juga beredar secara ilegal. “Cina dan Hong Kong sekarang sudah melarang karena dianggap beracun,” kata Danardi.

Badan POM Amerika Serikat (FDA) pada Mei 2009 lalu melakukan analisis terhadap rokok tersebut dan menguji kandungan e-cigarette dari dua perusahaan. Hasilnya ditemukan adanya kandungan dietilen glikol dan nitrosamin yang spesifik dalam tembakau.

Studi FDA juga menunjukkan ketidakkonsistenan kadar nikotin dalam wadah dengan label yang sama. Bahkan, dalam wadah ENDS berlabel tidak mengandung nikotin masih ditemukan nikotin.

WHO pada September 2008 telah menyatakan bahwa mereka tidak menyetujui dan tidak mendukung rokok elektronik dikonsumsi sebagai alat untuk berhenti merokok. Pada 6-7 Mei 2010 lalu, WHO kembali mengadakan pertemuan membahas mengenai peraturan terkait keselamatan ENDS dan menyatakan bahwa produk tersebut belum melalui pengujian yang cukup untuk menentukan apakah aman dikonsumsi.(IAN/Ant)

6 Alasan Mengapa Minum Air Putih Wajib Bagi Tubuh Kita

Setelah lama tidak memposting di blog saya ini, ahirnya saya mulai untuk mengisinya kembali. Diawali dengan beberapa waktu lalu saya mendapat email dari rekan saya sesama konsultan turun berat badan. Dalam email itu yang menyebutkan dan menegaskan kembali bahwa manusia tidak bisa jauh dengan apa yang kita sebut dengan air. Ya, air sebagai sumber penghidupan.

Maka, seperti yang diambil dari sumber kompas dot com, berikut 6 Alasan Wajib kenapa kita harus memenuhi kebutuhan akan air minum:

  1. Selama kita hidup kita, tubuh kita melalui banyak sekali proses. Mencerna makanan (pencernaan), penyerapan makanan, sirkulasi, produksi air ludah, tranfer nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Dimana kita juga tahu bahwa 60% dari tubuh kita terdiri dari cairan, cairan ini lah yang berfungsi atas segala proses yang disebutkan diatas. Jadi air berfungsi mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.
  2. Anda lebih nyaman berbobot lebih, kurang, atau ideal? tentu saja ideal bukan, selain terjauh dari berbagai macam penyakit akibat kelebihan berat badan. Anda sedang berdiet? ini sarannya “Program diet akan berhasil jika Anda memilih atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang kalori. lalu diet dengan makanan yang kaya cairan lebih menyehatkan, berisi dan memangkas kalori” Ungkap peneliti dari University State of Pennsylvania Barbara Rolls, Phd, penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan. Jadi Air membantu mengendalikan kalori.
  3. Setelah aktivitas seharian maupun berolahraga berakibat kelelahan pada otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang. Jadi Air membantu membangkitkan otot.
  4. Kulit sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh. Tapi jangan harap bahwa kelebihan cairan dapat menghilangkan kerutan dan garis2 pada kulit. Jadi air membuat kulit tetap bercahaya.
  5. Cairan tubuh yang berfungsi juga sebagai media transportasi sisa atau limbah untuk keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenos cairan yang dapat melewati ginjal yang kemudian diproses dan di eksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau. Jadi air memelihara fungsi ginjal.
  6. Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya kosntipasi. Ketika Anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Anda akan bermasalah. Orang kadang takut banyak minum banyak karena bisa bolak-balik ke kamar mandi untuk buang urin. Awalnya memang itu bisa terjadi karena kandung kemih sensitif terhadap penambahan cairan. Namun, setelah beberapa minggu, kandung kemih akan terbiasa dan lebih rileks, sehingga Anda tak harus repot ke kamar mandi. Sekalinya ke buang air seni, bisa keluar cukup banyak.
    Air minum yang dianjurkan di sini adalah air murni, bukan bir, teh, kopi, jus buah sekalipun, dan sejenisnya. Sebab, jenis yang bukan air murni itu berisi kandungan lain seperti alkohol, kafein, tanin, maupun gula.

Sperma Sehat Dengan Diet?

Sudah agak lama saya tidak memposting artikel, namun baru-baru ini saya menemukan situs yang menarik perhatian saya. Mungkin hampir semua dari kita pernah berdiet, terutama apabila kita melihat “kejanggalan-kejanggalan” ditubuh kita, selulit, perut buncit, pipi tembem, ukuran baju dan celana yang sudah tidak muat.

Diet yang sudah pasti untuk membentuk jenis tertentu tubuh. Tapi apakah Anda tahu bahwa makanan dapat juga berkontribusi terhadap kualitas sperma manusia. Jika kita mengikuti dari bukti-bukti penelitian berikut!

Begitu banyak manfaat yang diperoleh melalui diet. Berguna untuk menurunkan berat badan dan untuk melayani indeks pengendalian berat badan, diet juga membantu untuk mencegah orang dari berbagai macam penyakit.

Sebuah studi di Spanyol menunjukkan bahwa diet yang sehat dapat meningkatkan kualitas sperma seseorang. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter yang melakukan penelitian.

Studi ini dari 30 orang yang memiliki kualitas sperma miskin/kurang baik, dan 31 laki-laki yang mengikuti standar kualitas sperma. Setelah melepas kontrol merokok, indeks massa tubuh dan racun dari bahan kimia di tempat kerja, termasuk sebab-sebab yang diketahui perbedaan dalam kualitas air mani.

Pria yang memiliki kualitas air mani yang normal adalah yang lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat, serat, asam folat, vitamin C dan lycopene daripada laki-laki dengan kualitas sperma rendah. Sedangkan laki-laki dengan sperma yang sehat, makan lebih sedikit lemak dan protein.

Setidaknya tingkat antioksidan dalam diet memiliki efek negatif terhadap kualitas sperma. Selain itu, setidaknya, selada, tomat makan, buah, dan makan terlalu banyak daging menyebabkan rendahnya kualitas sperma seorang pria.

Ingin memiliki sperma sehat? klik disini

**sumber artikel pria

Buta di 2010?

Apa target Anda di tahun 2010? Dalam hal kesehatan, untuk Indonesia yang menuju Indonesia Sehat. Bagaimana dengan Anda? Apakah masih bingung dalam menentukan langkah? Anda jadi merasa buta dan tidak tahu tujuan pasti bahkan cara meraihnya…

Banyak hal yang ingin kita capai di Tahun baru ini, angan-angan dan segala rencana sudah kita persiapkan, bahkan sudah direncanakan dari akhir tahun lalu. Jadi, apa selanjutnya? Anda mengambil langkah tentunya. Namun dari kesemuanya itu apakah kesehatan termasuk dalam “agenda” impian Anda?

Sehat? ya sehat, bagaimana bila Anda dalam kondisi yang kurang sehat, apakah itu akan menghambat Anda meraih impian Anda. Atau menjadi lebih sehat adalah salah satu dati Impian Anda?Mungkin Anda memiliki kendala kesehatan, ingin menurunkan berat badan? Ini kesempatan Anda, canangkan dalam hati Anda bahwa Anda menjadi pribadi yang lebih baik dengan menjadi sehat untuk diri Anda sendiri pada khususnya dan mengajak orang-orang yang Anda sayangi untuk lebih sehat.

Jika Anda ingin lebih sehat, diawali dengan berat badan ideal tentu saja, bagaimana pola hidup dan makan Anda selama tahun kemaren? tentu saja kita harus berusaha lebih baik di tahun baru, menjauhi berbagai penyakit dengan pola hidup sehat tentunya.

Apakah Anda masih suka meninggalkan sarapan? mulailah sarapan yang rutin di tahun baru, seperti Anda ketahui sarapan sangat penting karena sebagai awal mula melakukan aktivitas harian kita sehingga kita tidak terlampau lapar di siang hari.

Seberapa banayak Anda makan? kontrol makan Anda, sebenarnya sumber berbagai penyakit berhubungan dengan apa yang kita makan. Anda “rajin’ mengemil, bagus buat Anda, bila Anda mengemil buah-buah segar, bukannya kue-kue manis yang mudah sekali membuat tubuh Anda tampak melar bercenti-centi.

Makan sembarang waktu? atur waktunya, pastikan makan tepat pada waktunya. Masih makan berat menjelang tidur? begitu banyak godaan makanan di malam hari, disiplinkan diri Anda, ganti dengan cemilan sehat sebelum tidur, makan besar maksimal 2 jam sebelum istirahat malam.

Malas minum air? lebih memilih minuman manis dan bersoda? sekali-sekali tidak mengapa, jangan jadi kebiasaan. Air putih masih yang terbaik buat tubuh kita, minum minimal 8 gelas (2liter) air. Bila belum terbiasa, Anda harus mulai membiasakan tentunya.

Bergeraklah, olahraga tetap baik buat tubuh. Tidak perlu beli tredmill yang mahalnya minta ampun itu, Anda cukup berjalan atau berskiping, rutin 3-5kali perminggu, Ayo lancarkan peredaran darah Anda.

Terahir, bagi waktu Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi dan kasihi…😀

7 Kesalahan Fatal Dalam Berdiet

Anda sedang berdiet?Namun Anda harus memperhatikan baik buruknya, apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yg sebaiknya tidak. Dibawah ini ada beberapa hal yang mengakibatkan Anda gagal dalam berdiet.

1. Berlapar-lapar. Ya Anda mungkin sedang mengurangi asupan makanan…sedikit makan atau asupan kalori yang masuk sedikit otomatis berat badan Anda akan turun. Faktanya adalah berlapar-lapar berakibat kurang baik, yaitu menyebabkan metabolisme kita menurun yang menyebabkan melambatnya pembakaran lemak. Yang benar adalah makan lebih banyak dalam porsi(dibawah cakupan kalori) cukup sehingga memacu metabolisme tubuh tetap tinggi.

2. Melewatkan sarapan. Sengaja tidak sarapan atau ada juga yang tidak terbiasa dengan tidak sarapan. Setelah beristirahat 8 jam tanpa nutrisi sama sekali, padahal tubuh sangat membutuhkan nutrisi pada waktu sarapan dan juga untuk menghadapi aktivitas harian hingga siang (waktu makan). Pada saat Anda melewatkan sarapan maka tubuh Anda mengambil energi dari massa otot. Jika Anda berdiet maka Anda harus sarapan, anda seharusnya mengurangi lemak, bukannya massa otot, hal ini juga agar tidak terjadi apa yang namanya diet yo-yo.

3. Tidak makan malam. Tubuh tetep mebutuhkan protein sewaktu beristirahat, karena protein sebagai bahan baku penting dalam memperbaiki sel-sel yang telah rusak, dan perbaikan sel ini terjadi pada waktu kita beristirahat dimalam hari. Saran: konsumsi protein 2-3 jam sebelum tidur.

4. Tidak Makan setelah berolahraga. Prinsipnya adalah sewaktu kita berolahraga, tubuh membutuhkan makanan untuk membenahi tubuh yang sudah “dihancurkan” pada waktu berolah raga. Saran: minum protein dan karbohidrate maksimal 15 menit setelah latihan, dan  makan real food 1 jam sesudahnya.

5. Kurang minum air putih. Kurang minum air berefek tubuh menahan lebih banyak air dan menyebabkan berat tambahan. Hal ini juga berefek kurang berjalan lancarnya metabolisme tubuh.

6. Crash diet. No Fat Diet, No Carbs Diet, No high protein Diet. Ini berbahaya bagi fungsi tubuh, dikarenakan diet-diet ini tidak seimbang. Fat(lemak) membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, karbohidrat adalah sumber energi bahkan untuk otak kita. Diet yang disarankan adalah diet (seimbang) tanpa mengurangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

7. Menetapkan Cheat Day. Mungkin banyak dari orang-orang yang sedang berdiet menetapkan satu hari makan bebas. Prinsip utama diet adalah pembentukan pola makan sehat, apabila seseorang menetapkan 6 hari diet (sengsara) dan satu hari bebas, hal ini dapat mengakibatkan orang tersebut kembali ke pola makannya yang buruk, efeknya tentu saja gagal berdiet.

Semoga artikel ini bisa membantu kita untuk hidup lebih sehat, hidup sehat diawali dengan berat badan ideal.



Tahukah Anda hubungan berat badan dengan jantung?

Apakah perut Anda membuncit? lengan membesar karena lemak? bahkan di paha dan pipi Anda? Maka Anda mesti lebih waspada dan berhati-hati,karena tanpa Anda dan kita sadari penumpukan lemak juga terjadi secara signifikan di dalam dan sekitar jaringan organ yang tidak semestinya, seperti jantung dan pembuluh darah.

Kegemukan/obesitas di Indonesia sekarang ini semakin mengalami peningkatan, obesitas yang mengakibatkan peningkatan penumpukan lemak dan penimbunan lemak di daerah jantung dan pembuluh darah inilah yang memnyebabkan meningkatnya resiko pada gangguan jantung, baik penyakit jantung koroner atau gagal jantung.

OBESITAS DAN PENINGKATAN RISIKO GANGGUAN FUNGSI JANTUNG

Obesitas dapat meningkatkan gangguan fungsi jantung melalui beberapa mekanisme: Obesitas dan Peningkatan Beban Kerja Jantung: Obesitas dikaitkan dengan peningkatan beban kerja jantung yang diakibatkan oleh peningkatan volume darah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen dalam tubuh.

Obesitas dan Penimbunan Lemak di Jantung: Obesitas dapat mengakibatkan akumulasi lemak seperti trigliserida dalam sel-sel jantung. Diduga penumpukan trigliserida dalam jumlah besar dapat memicu kerusakan sel-sel jantung serta mengganggu fungsi pemompaan darah oleh jantung

Obesitas dan Penimbunan Lemak di Sekitar Pembuluh Darah: Penimbunan lemak di sekitar pembuluh darah jantung mengakibatkan kekakuan pembuluh darah dan memicu terbentuknya protein-protein yang bersifat ‘jahat’ sehingga menimbulkan peradangan pembuluh darah jantung, dan pada akhirnya akan mengakibatkan atesoklerosis serta Penyakit Jantung Koroner.

Obesitas dan Faktor Risiko Gagal Jantung: Obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi, gangguan lemak dan kencing manis, peningkatan radikal bebas dan peradagangan pembuluh darah jantung, di mana semua faktor ini meningkatkan risiko gagal jantung.

Obesitas dan Gangguan Metabolisme Lemak: Obesitas pada umumnya mengakibatkan gangguan metabolisme lemak atau dislipidemia, ditandai dengan meningkatnya trigliserida, LDL Kolesterol, small dense LDL (partikel LDL yang lebih kecil dan padat) serta menurunnya HDL Kolesterol. Kondisi dislipidemia ini menjadi faktor risiko terjadinya Penyakit Jantung Koroner.

Oleh karena itu, obesitas dengan berbagai konsekuensi dan akibatnya patut diwaspadai dan diatasi. Upaya penurunan berat badan hingga mencapai berat badan optimal merupakan salah satu langkah penting untuk mengatasi obesitas.

(Sumber:Prodia.Co.Id)

So, sayangi jantung Anda dengan mencegah obesitas. Perbaiki sarapan Anda sekarang! Klik DI SINI