6 Resep Sederhana Terapi Alami Guna Mengatasi Pusing


headache-pusingSumber : Alternatif Tabloid Posmo Hal 15 Tahun 2006

Sedikit atau banyak, hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala, karena kita menganggapnya enteng padahal tidaklah kita tahu bahwa pusing juga bisa berbahaya.

Bahaya pusing nyata adalah aktivitas kita akan sangat terganggu. Bisa dibayangkan bagaimana rasa sakit ini. Sering datangnya pusing kepala, awal dari munculnya penyakit-penyakit serius. Jadi jangan sepelekan pusing kepala. Biasanya orang awam membedakan pusing menjadi beberapa jenis. Pertama, yaitu kondisi saat penderita merasa segala obyek yang ada didepan matanya berputar-putar. Kedua, adalah penderita merasa berjalan diatas awan, tubuhnya ringan dan tidak stabil.

Secara garis besar pusing dapat disebabkan dua hal, yaitu pusing yang timbul sebagai adanya kelainan dari otak, dan pusing yang disebabkan kelainan pada telinga. Pada telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan dalam tubuh kita.

Otak bertugas untuk mengontrol segala macam perintah yang berasal dari mata, bagian tubuh yang lain, terutama alat kontrol keseimbangan dalam telinga. Otak kecil berperan besar dalam menjaga postur dan keseimbangan tubuh manusia dan pusat memori yang harus dijaga dari segala kerusakan (sakit).

Kadang lantaran pusing yang tidak jelas penyebabnya ini dengan mudah kita minum obat. Tentu saja, pusing bisa reda dengan minum obat, bisa datang lagi. Bagi anda yang ingin mencoba pengobatan alami pusing kepala coba ikut resep sederhana ini.

  1. Relaksasi – Biarkan diri anda santai sejenak. Duduk atau tidur dalam posisi bebas, santai, jangan kaku. Putar musik yang tenang, pejamkan mata dan bayangkan sesuatu yang indah. Lakukan selama 15 menit. Sebaiknya relaksasi dilakukan di ruang yang gelap, tenang atau pencahayaan yang minimal. Maafkan orang yang telah menyakiti hati anda untuk selamanya supaya sesak di dada hilang dan beban dalam pikiran anda ringan.
  2. Istirahat sejenak – Jika anda sedang di kantor atau sedang mengerjakan aktivitas rumit dalam waktu yang lama, istirahatlah sejenak. Keluar ruangan anda dan hirup udara segar dalam-dalam dan kemudian lepaskan sebanyak 10 kali. Untuk wanita jangan gunakan sepatu berhak tinggi dan sempit karena akan menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh. Kalau ada waktu libur gunakan untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan urusan kantor atau pekerjaan.
  3. Terapi Pijat- Pijat wajah, kepala, bahu dan punggung agar otot-otot lebih rileks. Tekuk pelan-pelan kepala kearah kanan dan ke kiri. Untuk yang cenderung darah tinggi (tensi selalu tinggi) leher jangan dipijat, bisa dengan terapi air hangat atau minum cincau 1 gelas perhari atau makan bawang putih kalau bisa bawang lanau 1×3 sehari.
  4. Kompress air hangat – Taruh handuk hangat di tempat nyeri, selain mengkompress bisa juga mandi dengan air hangat dan rendam kaki dengan air hangat dengan garam untuk melancarkan peredaran darah.
  5. Pengendalian Emosi – Hindari stress, bukan berarti menghilangkannya. Jadi lebih ditekankan bagaimana kita memenej stress agar tidak menjadi beban dan selalu berdoa berserah diri pada Nya dalam segala masalah dalam hidup ini sesuai keyakinan anda masing-masing. Syukurilah apa yang telah Tuhan berikan. (contoh: kesehatan yang tidak bisa bisa diukur dengan materi)
  6. Gaya Hidup sehat – Ganti gaya hidup anda dengan mengatur pola makan yang sehat. Batasi konsumsi kafein dan gula. Jika memang terbiasa minum kopi atau teh manis usahakan maksimal 1-2 cangkir sehari, dan perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Hentikan merokok dan olahraga lah yang taratur.

Tips Rahasia Langsing dan Sehat GRATIS klik disini

About these ads

25 Responses

  1. AIR PUTIH OK BGT

  2. nice article.. Thx.

  3. [...] Resep Sederhana Terapi Alami Guna Mengatasi Pusing [...]

  4. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “sakit kepala” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Sakit Kepala ?

  5. keren..kunjung blog saya juga gan

  6. pusinggggggggggggggggggggggggg

  7. thanks!!! artikelnya ok banget………^

  8. trik yang bagus nh, boleh dicoba…

  9. Thanks saranya

  10. Tiap mlm kpla sya sakit gmn ya obatnya biar ga skit2an trus… Apa krn kerja sy full time ditambah pikiran????

    • To akbar
      klo boleh tau aktifitasnya apa? Gaya hidup anda seperti apa?

      Sakit kepala bisa bnyk hal yg mempengaruhi. Bisa juga dengan bnyk pikiran. Krn asal muasal sakit juga bnyk berasal dr pikiran.

  11. mlm dok…..
    umur saya 21 tahun, bekerja disalah satu perusahaan swasta, ringkasnya sudah 3 bulan belakangan kepala saya mengalami pusing sampe2 saya sering down apalagi kalo kegerahan. mohon di follow up ya dok. thanks…

    • Terimakasih commentnya, utk konsultasi langsung ke email kiki.tsalatsita@gmail.com

      terima kasih

  12. Mlm dok,saya perempuan umur 25 thn dan sudah berkeluarga,akhir2 ini saya mengalami pusing yg sngt berat jika saya duduk dan berdiri jika pas kumat,mkn minum hrs tengkurap,pdhl saya bkn nya lg ngidam,saya takut sembarang konsumsi obat,mohon bantuan dr dok trimakasi. By.Tinambunan

  13. trick bagus nich,tp kalo bisa di perbanyak lagi donk!

  14. makasih banyak infonyaaaa :D

  15. dok saya mau tanya …saya sering pusing saat upacara padahal saya dirumah sudah makan banyak trus saat istirahat ditempat tiba 2 pausing dan keringat dingin dan ini sudah terjadi 4 kali berturut turut tolong pemecahanya dok….

  16. thnks atas resepnya

  17. Saya sering sekali pusing saat bangun tidur maupun berdiri setelah duduk dan pusingnya kepala panas dan penglihatan seperti lampu padam padahal lampu di rumah saya terang tu gmna ?

    • Coba cek tekanan darahnya ya, mungkin anda sedang mempunyai tekanan darah yang rendah

  18. Terima kasih itu sangat bermanfaat

  19. tuh obat pusing,,,,
    lakukan sehari2 eta teh,,kade,,

  20. membantu banget gan,terutama yg minum wedang jahe itu.cpet reaksinya.thanks ya :D

  21. Memang kalau udah sakit kepala sangat menjengkelkan. Sayabiasanya dikerokin di leher belakang dan minum air putih. Alhamdulilah sakit kepala sedikit demi sedikit mulai hilang

  22. Terima kasih atas informasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: